Selasa, 12 Februari 2013

Biografi KOTAK

Hayy hello Chitoller sejati... hehehe...
okehh.. karena saia masih dalam tahap mengembangkan blog ini dan saya sangat nge-FANS beuudd sama yang namanya KOTAK soo saia akan nulis biografi kotak....
hehehe
ini saya ambil dari Wikipedia...
monggoh teman-teman bisa dinikmati....

Kotak
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Asal
Jakarta, Indonesia

Tahun aktif
2004 - sekarang

Aliran
Rock

Label
Warner Music Group

Manajemen


Personil

tan3 (vokalis)
Chua (bass)
Cella (gitar)

Mantan personil


Pare (vokalis)
Icez (bass)
Posan (drum)

Situs web
kotakrockband.com
Kotak adalah band beraliran pop-rock yang terbentuk dari ajang Dream Band pada tahun 2004.

Biografi Kotak
Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band.Berawal dari ajang Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang.

Arti Nama
Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.

Pare dan Icez Keluar
Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar), Icez (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul Kotak.
Pada tahun 2007, Icez dan Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri pada vokal dan Chua pada bas. Mereka kemudian merilis album keduanya berjudul Kotak Kedua pada tahun 2008.
Menurut Tantri, dirinya sempat canggung ketika pertama bergabung dalam band ini. "Karakter vokal Pare sudah melekat di Kotak, aku sempat bingung mau nerusin karakter Pare atau sendiri saja. Tetapi, setelah sering main bareng dan latihan, aku mutusin untuk pakai karakter sendiri," katanya.
Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.

Alasan Keluarnya Pare, sang vokalis dari band KotaK 

Seperti kata orang bijak: ….”selalu ada kesempatan bagus di balik kesulitan..”. Mungkin, pernyataan ini pas dengan yang dialami KOTAK. Tiba-tiba, Pare, sang vokalis menyatakan mundur dari grup yang sama-sama telah dibangunnya sejak tahun 2004 lalu itu. Keinginan Pare ini tentu membuat kaget temen-temennya yang lain, Posan (drum), Ichez (bass), dan Cella (gitar). ”Saya ingin di balik layar aja. Sulit buat saya untuk selalu di depan jadi frontman. Tapi saya nggak akan ninggalin Kotak begitu aja. Kapan aja kalo dimintain tolong, saya pasti pasti bantuin Kotak, misalnya buat bikin lagu,” tutur Pare, saat itu.
Meskipun berat – tapi setelah memahami betul alasan Pare – ketiga personel Kotak lainnya merelakan Pare untuk keluar, akhir 2006 lalu. Yap! Posan, Ichez, dan Cella nampaknya sadar – bahwa segala yang awalnya dipertemukan, pasti satu saat pun akan dipisahkan. Yang penting, bagi mereka – dan tentunya bagi kita juga – hidup harus terus mengalir……and the show must go on. Dan kesulitan lantaran Pare hengkang, toh terbukti melahirkan kesempatan-kesempatan bagus.
Kesempatan bagus pertama, band jadi diberi waktu untuk merenung – tepatnya melakukan introspeksi atas apa saja yang telah dilakukan mereka selama ini – sejak lahir dan meluncurkan debut album di tahun 2005, mencatat nggak kurang dari 150 show sepanjang 2005- 2006, dan punya tiga singel hit: Sendiri, Saat Ku Jauh, dan  Terbang.
Kesempatan bagus kedua, band dibuka cakrawala berpikirnya, bahwa perubahan itu adalah sesuatu yang wajar. Band harus mencari dan mengisi kekosongan yang diakibatkan hilangnya sesi vokal. Dan, itu artinya bakal ada yang berubah dengan racikan musik yang selama ini mereka suguhkan.

Kesempatan bagus ketiga, KOTAK akhirnya menemukan vokalis baru yang nggak kalah hebat ketimbang Pare – bahkan pada sisi lain punya kelebihan yang nggak dipunya Pare – dan vokalis baru KOTAK itu adalah: Tantri. Dan, terus terang Tantri bukan wajah baru buat personel KOTAK. Karena, Tantri melesat dari grup Ares yang merupakan kerabat dekat KOTAK. Tantri yang saat itu masih duduk di kelas 2 SMA, terkenal dengan kualitas vokalnya yang prima. Ia bisa begitu “dalam dan tebal” menyanyikan lagu bernada lembut tapi pada tempo lain bisa melengking membawakan nomor-nomor keras. Setelah cabut dari Ares, Tantri kemudian memutuskan bergabung dengan KOTAK, sejak awal Maret 2007 lalu.
Kesempatan bagus keempat, dengan formasi baru – dengan hadirnya Tantri – KOTAK punya modal kuat untuk membuktikan bahwa mereka bisa lebih hebat dari formasi sebelumnya.
Dan, semua kesempatan itu diwujudkan dengan KOTAK segera menggarap album kedua. Sementara menunggu seluruh materi siap direkam, band meluncurkan radio singel terlebih dahulu.
Radio singel itu berjudul: Ijinkan Aku. Dan Pare memang nggak ingkar janji. Karena Ijinkan Aku adalah lagu karyanya yang memang disiapkan untuk KOTAK. Lagu ini sepintas terdengar begitu pop, tapi sesungguhnya KOTAK nggak menghilangkan ciri band yang selama ini terpatri: Rock. Dan tarikan vokal Tantri mengantar Ijinkan Aku jadi begitu dinamis tanpa kehilangan unsur manisnya. Saat sesi rekaman Ijinkan Aku, band dikawal oleh Yuka Dian Narendra, produser muda yang kemudian terbukti sukses meramu lagu ini jadi begitu cathcy.
Apakah KOTAK mampu berkiprah di tengah membanjirnya band-band baru saat ini? Mustinya mampu. Karena, meskipun baru punya satu album yang bisa diterima pencinta musik negeri ini, jelas KOTAK bukanlah band baru. Dan kini, lewat singel terbaru, Ijinkan Aku, berilah KOTAK ijin untuk kembali menggebrak.

Alasan Keluarnya Icez, sang Basist dari band KotaK 

Princess amanda atau sering di panggil icez ini adalah X bassis kotak band yang kini sudah bergabung dengan the rock indonesia yg di gawangi oleh musisi handal ahmad dani. Icez memang turut ambil alih dalam kesuksesan Kotak band. Namun tak tau kenapa dalam proses penggarapan album kotak yang kedua icez memutuskan untuk keluar dari kotak. Tak jelas tentang kepergian icez. namun ini adalah beberapa penuturan dari rekan-rekan media yang sedikit menguntip kedunia musik, Ketika saya tanyakan langsung apa alasan dia keluar dari Kotak dia tidak mau menceritakan secara detail. Dia (icez) hanya mengatakan kalo dia tetep di KOTAK, maka jadwalnya bentrok dengan jadwal manggung The Rock Indonesia. Namun diselasela pembicaraan saya dengan icez kemudian IKAMAL TOBING (Drumer The Rock indonesia) memotong pembicaraan kita. Dengan nada guyonan dia (ikmal) mengatakan " ya... kalo si icez tetep di kotak. nanti bukan kotak namanya melainkan BULAT....hahahaha". begitu kata ikmal
Sampai saat ini belum ada alasan yang jelas dari icez tantang kepergianaya dari kotak. Menanggapi kepergian icez dari kotak manajemen kotak pun langsung pikir selangkah untuk merekrut swasti sabdastantri atau tenar dengan nama chua itu.



Penghargaan
Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka Kotak Kedua juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.
Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.
Meskipun sukses berada di posisi saat ini, personel Kotak berharap bahwa hal itu belum merupakan puncak dari perjalanan mereka. Masih banyak mimpi yang ingin mereka raih untuk tetap eksis di industri musik. Setidaknya mereka kini telah melewati loncatan pertama mereka dari dream band menuju real band.
Diskografi Kotak
Album
  • 2005: Kotak
  • 2008: Kotak Kedua
  • 2010: Energi
 Album KOTAK (2005)

Track List
1. Hilang
2. Terbang (Khayal)
3. Damai Hati
4. Kau Pilih Dia
5. Saat Ku Jatuh
6. Satu Cinta Feat Yovie Mata
7. Tentang Hidup
8. Remuk
9. Tanpamu
10. Phobia Feat Yovie Mata


 Album Band kotak dengan judul “Kotak Kedua”

Track List :
  1. Beraksi
  2. Kosong Toejoeh
  3. Tinggalkan Saja 
  4. Berbeda 
  5. Lagi Lagi 
  6. Tetap Ada
  7. Masih Cinta 
  8. Terluka 
  9. Mencintaiku Dan Dia
  10. Bayang Abadi
  11. Rock Never Dies
  12. Kembali Untukmu download
  13. Sebelum ku kembali 
  14. Phobia Kotak-Terluka

ew ALBUM  "ENERGI"

1.Kerabat kotak
2.Terbang (New Version)
3.Selalu Cinta

4.Cinta Jangan Pergi ( CJP )
5.Cuci Mata
6.Ku ingin Sendiri
7.ENERGI
8.T.O.P

Okehh demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf lahir batin... :D (kok kayak pidato yakk... :D)

         SALAM BERAKSEE   !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

       KEEP ROCK n' ACTION  with KOTAK

Tidak ada komentar: